Home » » Menguasai Pen Tool dengan Bermain Game Bezier

Menguasai Pen Tool dengan Bermain Game Bezier

Pen tool merupakan salah satu senjata yang digunakan oleh grafis desainer untuk membuat gambar atau vektor. Dengan alat ini seorang desainer grafis dapat membuat sebuah gambar yang sangat mirip dengan aslinya. Tetapi sayangnya tidak mudah untuk menguasai alat yang biasanya digunakan pada Photoshop atau Illustrator ini, perlu latihan yang cukup agar terbiasa menggunakannya.



Bagi anda yang baru mengenal Pen tool di Photoshop atau Illustrator tentu merupakan hal yang lumrah bila masih kesulitan menggunakan pen tool. Saya pun (yang juga baru belajar) mengalami kesulitan ketika menggunakan alat ini. Tetapi untung ada sebuah aplikasi browser yang disebut dengan Bezier Game yang bisa digunakan untuk belajar dan berlatih bagaimana menggunakan Pen Tool.

Game atau permainan ini dibuat oleh Mark MacKay, seorang Interaction disainer berkebangsaan Mexico. Website Bezier Game dibuat sebagai situs pendidikan yang difokuskan pada desain dan kewirausahaan. Game ini akan membuat Anda semakin cepat menguasai pen tool di Photoshop maupun Illustrator, karena game ini mengajarkan Anda fungsi dasar dari Pen Tool, dari menciptakan jangkar poin dan menggambar kurva dengan menggunakan fungsi tombol ALT dan SHIFT.

Agar tidak kebingungan, sebaiknya Anda mengikuti  panduan dan tutorial singkat  cara membuat jangkar poin, dengan menggunakan tombol shift dan Alt untuk membuat garis miring, dan menciptakan kurva dari sebuah titik di website tersebut.

Untuk mengikuti game ini tidak perlu registrasi, tidak perlu mendowload maupun membayar uang sepeserpun. Langsung saja buka websitenya di The Bezier Game.

Game Bezier mengharuskan untuk menyelesaikan bentuk gambar yang telah ditetapkan dengan mengikuti garis sesuai jalur menggunakan Pen Tool.  Anda akan diberi sejumlah jangkar poin (nodes) Jangkar poin pertama ditandai dengan titik biru berkedip-kedip dimana Anda harus memulai Pen tool pertama kali.




Selanjutnya ikuti bentuk gambar dengan membuat garis dengan Pen Tool, jangan lupa gunakan tombol ALT atau SHIFT bila diperlukan.




Tujuan dari permainan ini adalah mengikuti jalur sebuah bentuk/gambar dengan jangkar poin (nodes) seminimal mungkin. Dari gambar di bawah saya mencoba mengikuti bentuk mobil dan berhasil mengikuti bentuk mobil dengan menggunakan 12 jangkar poin dari 15 jangkar poin yang disediakan.




Ada sepuluh bentuk gambar yang harus anda selesaikan dengan total jangkar poin (nodes) sebanyak 123 nodes. Makin sedikit jangkar poin yang  Anda gunakan untuk menyelesaikannya, maka makin besar nilai score yang Anda miliki.



Saya mencoba menyelesaikan 10 bentuk dan hasilnya lumayanlah untuk seorang pemula mendapatkan score 53 nodes. Artinya saya menyelesaikan seluruh bentuk gambar dengan menggunakan 70 jangkar poin.

Silahkan Anda mencoba bermain sekaligus berlatih menggunakan Pen Tool, saya yakin anda bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. Salam...! :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar yang berhubungan dengan isi konten.

 
Proudly powered by Blogger Template by Creating Website
Iwan Setiawan Blog Sitemap
© www.iwansetiawan.com All Rights Reserved
Menguasai Pen Tool dengan Bermain Game Bezier