Home » » Tool untuk Tes Kecepatan Blog - Website

Tool untuk Tes Kecepatan Blog - Website

Tool untuk Tes Kecepatan Blog - Website

Membuat blog atau website yang load-nya cepat adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat desain sebuah blog/web. Penempatan gambar yang berat banyak animasi, script, iklan dan sebagainya kadang menjadi dilema bagi webmaster yang ingin memiliki tampilan blog yang terlihat bagus.


Tapi kecepatan load tentu tidak bisa dikorbankan demi tampilan yang indah, kecepatan yang lambat bukan saja mengindikasikan managemen desain yang kurang bagus tapi juga menghalangi dan menyurutkan visitor untuk berkunjung ke blog/web sobat Blogger.

Langkah pertama untuk untuk mengoptimalkan blog adalah mengetahui kecepatan load blog/web dengan tool yang banyak tersedia di internet. Beberapa website penyedia tool untuk test kecepatan blog/web bisa dilihat dibawah.

1. Pingdom Tools - http://tools.pingdom.com

Dengan Pingdom semua object di blog akan ditest seperti  html, gambar, Javascript, css, iframes dan lain-lain. Saat tes selesai akan diperlihatkan ringkasan hasil tes, Anda bisa melihat laporan kecepatan waktu loading situs, waktu setiap elemen, ukuran elemen dan jumlah elemen yang loading.



2. GTmetrix - http://gtmetrix.com

Tool ini akan  memberikan saran yang Anda butuhkan untuk memperbaiki situs web. GTmetrix menggabungkan plugin Firefox yang cukup populer yaitu YSlow dan Google Page Speed​​.  Meskipun dianjurkan untuk Firefox, tapi bisa juga digunakan pada browser lain.



3. WebPagetesthttp://www.webpagetest.org

Tool web ini memiliki berbagai lokasi server untuk tes Blog. Memungkinkan untuk mengatur browser tertentu. Ada fitur advanced setting untuk menetapkan parameter seperti  jenis koneksi, berapa kali tes, percobaan script, ads block  dll.



4. Loads.in http://loads.in

Nah tool yang ini keliatannya cukup keren nih dari penampilan, memiliki 50 lokasi server di seluruh dunia.  Tes pertama akan otomatis menggunakan lokasi server secara acak. Yang selanjutnya tes dapat diatur sesuai lokasi negara dan jenis browser . Setelah tes selesai, Anda bisa melihat snapshot dari halaman web. Data bisa dilihat dalam grafik "waterfall chart"

5. IWebToolhttp://www.iwebtool.com

Kalau IwebTool rasanya sudah tidak asing , banyak webmaster menggunakan tool-tool yang ada di Iwebtool. Untuk tes kecepatan load blog, tool ini memberikan anda pilihan untuk menguju hingga sepuluh URL dalam waktu yang sama. Anda juga dapat memeriksa halaman situs, kategori atau posting waktu loading dengan hanya satu klik.



Sebenarnya masih banyak web tool seperti  di atas baik yang gratis maupun yang berbayar, tinggal anda sendiri yang menentukan untuk memilih yang mana. Salam.... :)

7 komentar:

  1. Emmm blogku masih gendut ni kang... Hohoho gimana ya caranya supaya fast load... :/ Mohon pencerahannya, saya baru bikin blog 1 bulan kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum untuk meningkatkan kecepatan blog/web bisa diakali misalnya dengan; jangan terlalu banyak gambar, bila menggunakan gambar - edit dengan ukuran yang kecil, kurangi script yang tidak perlu, kurangi script-scrip iklan, benahi juga css, dsb dll :)

      Hapus
    2. Owh, terus selain tidak terlalu banyak menggunakan gambar dan script serta membenahi css ada lagi ndak mas caranya?

      Hapus
    3. Bisa juga dengan mengurangi widget yang tidak berguna, atau gunakan background polos jangan gunakan background gambar apalagi gambar dengan ukuran besar. :)

      Hapus
    4. Owh iya mas, terima kasih tipsnya... Sebenarnya untuk pengguna Self Hosting ada cara yang lebih ampuh daripada hanya sekedar mengurangi penggunaan gambar dan membenahi css yaitu dengan mengedit bagian .htaccess :) Sayangnya hal itu tidak bisa diterapkan pada blog berplatform Blogspot.

      Hapus
    5. Sama-sama mas, terimakasih juga masukannya :))

      Hapus
  2. Wiiih mantab jga nih , boleh di coba ? kwkwkw

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar yang berhubungan dengan isi konten.

 
Proudly powered by Blogger Template by Creating Website
Iwan Setiawan Blog Sitemap
© www.iwansetiawan.com All Rights Reserved
Tool untuk Tes Kecepatan Blog - Website